Bengkel Power Stering Mobil

Bengkel Power Stering Mobil. Respon Cepat. Bisa Datang Hari Ini. Bergaransi. Sparepart Original. Montir Jujur Tidak Nembak Harga. Semakin bertambah majunya teknologi terutama mobil dan di bagian komponen power steering. Dengan power Steering mengemudi bahkan dapat memutar arah kemudi hanya dengan satu tangan. power Steering membutuhkan perawatan untuk menjaga kondisi agar tetap  berfungsi dengan baik. bagaimana memahami bahwa merawat Power Steering diawali dari cara mengemudi yang benar.

3 jenis Power Steering

Power Steering Hidrolik
  • Power Steering Hidrolik berisi oli yang berfungsi meningkatkan tenaga yang mendorong roda untuk mengatur putaran stir mobil ke kiri atau ke kanan. Power Steering Hidrolis adalah jenis Power Steering yang paling banyak digunakan, diantaranya adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Power Steering Semi Hidrolik
  • Power steering Semi Hidrolik perpaduan pompa hidrolik dan motor listrik (dinamo) untuk dapat menghasilkan tekanan pada pompa hidrolik. Penggunaan Power Steering Semi Hidrolik ini terdapat di mobil Mercedes Benz A Class.
Power Steering Elektrik
  • Power steering Elektrik menggunakan motor listrik (dinamo) tanpa pompa hidrolik, dan dikenal dengan sebutan Electric Power Steering (EPS). EPS umum dijumpai pada mobil terbaru.

Penyebab Power Steering Rusak

1. Kurang Cairan Power Steering

Power steering akan berfungsi dengan baik apabila ada tekanan yang cukup di bagian piston di dalam rack dan pinion. Jumlah cairan yang kurang tentunya tidak memberikan dorongan maksimal terhadap piston, sehingga pengaruhnya kepada power steering menjadi berat.

2. Power Steering Belt Kendor

Berat ringannya kemudi juga bergantung dari power steering belt. Fungsi belt untuk memulai berhenti melakukan putaran. Ini salah satu komponen yang juga rentan atau mudah rusak. Dijaga agar tidak sampai putus atau longgar. Sebaiknya juga ditanya umur pakai belt power steering hingga berapa kilometer.

3. Rack (rak) Kemudi Rusak

Ini merupakan bagian utama dari kemudi mobil yang biasanya bekerja sama dengan sistem power steering. Setelah penggunaan dalam waktu yang lama, rak kemudi bisa rusak dan aus. Pada saat itu terjadi, kemudi akan lebih sulit diarahkan. Namun masalah ini akan hilang dengan sendirinya apabila mobil sudah dalam kondisi hidup, seiring kondisi mobil yang makin panas, begitu juga dengan pelumas yang makin merata akan menyebabkan power steering bekerja dengan lebih mudah.

Tips Merawat Power Steering

1. Hindari Mengemudi Di Jalanan RusakCara merawat power steering dengan mudah adalah dengan menghindari jalanan-jalanan rusak ataupun berlubang. Bila mobil anda sudah dilengkapi dengan sistem power steering, sangat baik untuk menghindari jalanan-jalanan seperti ini. Namun jika memang tak ada jalanan lain yang bisa ditempuh, maka sebisa mungkin anda melewatinya dengan hati-hati dan perlahan.
2. Hindari Jalanan BanjirSelain jalanan yang rusak, hindari pula melewati jalanan -jalanan yang tergenang dengan banjir. Jalanan seperti ini mudah membuat power steering menjadi rusak. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga dapat merusak komponen-komponen lainnya, apalagi jika genangan banjir yang anda lewati terlalu tinggi.Hal ini karena power steering merupakan komponen kelistrikan yang ditempatkan tepat di as setir sejajar dengan as roda. Sehingga pada saat melewati genangan banjir, tentunya komponen ini akan mudah sekali terkena genangan air. JIka komponen listrik ini basah, tentunya akan menyebabkan kerusakan dan mau tak mau anda harus menggantinya dengan yang baru.3. Jangan Melebihi 10.000 kmYang dimaksud dengan jarak 10.000 km disini adalah jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan anda. Pemakaian kendaraan yang melebihi dari jarak tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi power steering anda, ditambah lagi dengan cara mengemudi yang salah tentunya membuat kondisi power steering dapat mengalami kerusakan.
4. Hindari Kondisi Ban Berbelok Saat ParkirHal ini mungkin seringkali terjadi dan diabaikan oleh pemiliki kendaraan. Banyak orang yang memarkirkan kendaraan mereka dengan kondisi ban mobil tidak lurus dan membiarkannya pada waktu yang lama. Padahal kebiasaan seperti ini bila dilakukan terus menerus akan membuat power steering serta ball joint tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan cepat rusak. Sehingga lebih baik bila anda selalu memperhatikan kondisi kendaraan ketika sedang terpakir. Usahakan untuk meninggalkan kendaraan dalam kondisi yang tidak berbelok.5. Putarlah Kemudi Dalam Kecepatan SedangPada saat anda sedang memutar kemudi mobil, akan lebih baik bila dilakukan dalam kecepatan pelan ataupun sedang. Hindari melakukan putaran kemudi dengan sangat cepat. Pada saat akan berbelok, anda bisa mengurnagi kecepatan terlebih dahulu sebelum kendaraan akan berbelok. Sistem hidrolik yang digunakan secara perlahan ketika mengemudi tentunya akan berdampak pada komponen power steering yang lebih awet dan tahan lama.6. Hindari Memutar Setir Penuh Pada Waktu Yang LamaCara lainnya untuk merawat power steering anda adalah dengan menghindari kebiasaan memutar setir hingga penuh dalam jangka waktu yang lama. Pada saat anda menunggu jalanan lenggang, anda bisa memutar sedikit kemudi mobil ke arah sebaliknya.Memutar hingga penuh dan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat tekanan pada power steering menjadi maksimum. Hal ini pula lah yang menyebabkan kinerja mesin menjadi berat dan penggunaan bahan bakar menjadi boros.7. Ingat Usi Pemakaian Power SteeringKarena power steering merupakan perangkat elektronik, tentunya saja komponen ini memiliki jangka waktu penggunaan. Batas usia pemakaian dari komponenini adalah sekitar 5 tahun. Sehingga bila sudah mencapai 5 tahun, maka power steering harus segera diganti tanpa harus menunggu rusak terlebih dahulu.

Frequently Asked Questions

Tentu saja bisa. Kami berkomitmen untuk mengatasi permasalahan Anda secepat dan sebaik mungkin. Kami memahami ketika mobil tengah mogok pasti Anda merasa sangat bingung. Untuk itu, kami selalu menyediakan tim yang siap untuk berangkat kapan pun dengan kondisi mobil bagaimana pun. Jadi jangan takut untuk langsung memesan jasa ketika Anda sedang membutuhkan.

Sesuai dengan 3 layanan utama, kami bersedia untuk menjemput mobil asalkan masih berada di servis area kami. Bengkel kami berlokasi di Jakarta Selatan tepatnya di Pasar Minggu. Pasti kami akan menjemput mobil Anda.

Lamanya pengerjaan tergantung dari kondisi mobil saat diantarkan. Bisa lama bisa juga sebentar. Nah, bila Anda menyerahkan mobil kepada kami, akan kami pastikan untuk memberitahu setiap perkembangan dari servis mobil itu. Kami juga akan memberi kabar bila servis sudah selesai.

Mobil Anda menginap atau tidak ini tergantung dari pengerjaan kami. Bila memang berat, terpaksa memang harus menginap. Dan apakah akan diberi tambahan biaya? Tentu saja tidak. Jadi tidak perlu khawatir. Serahkan urusan mobil kepada kami dan Anda akan mendapat harga yang sangat terjangkau.

Kami selalu siap melayani Anda 24 jam di hari libur nasional kecuali Pemilu dan Lebaran. Jadi silahkan hubungi kami.

Load More