Bengkel Mobil Resmi
Bengkel Mobil Resmi merupakan tempat yang penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan mereka.
Sebab bengkel resmi memberikan pelayanan terbaik yang telah melewati standar ketat dan menyediakan suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.
Selain itu, banyak pengguna mobil yang hanya mengerti cara menggunakan mobil tanpa tahu cara merawatnya. Hal ini menyebabkan mobil mengalami berbagai kerusakan. Sebagai pengguna mobil, kita perlu tahu cara perawatan mobil dan melakukan servis di bengkel mobil. Kita juga perlu tahu jenis-jenis servis mobil yang perlu dilakukan.
Selain jenis bengkel mobil, ada juga jenis-jenis perawatan untuk mobil. Kamu harus paham betul perawatan yang tepat untuk mobilmu agar tidak mudah rusak dan mobil bisa digunakan dengan baik.
Jangan sampai mobil berhenti di tengah jalan karena lupa melakukan perawatan atau servis berkala. Nah, simak Jenis-jenis servis atau pelayanan dalam mobil berikut.
Promo Bengkel Mobil Resmi
Mekanik Berpengalaman Serta Komunikatif
Free Konsultasi Via Whatsapp
Servis Berkala
Servis berkala adalah servis rutin yang dilakukan sesuai jadwal tertentu namun dalam kurun waktu yang cepat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja mobil agar tetap prima. Biasanya servis berkala dilakukan teknisi untuk mengecek bagian yang cepat aus atau kotor seperti filter udara atau sistem injeksi.
Ini dia beberapa servis rutin yang perlu dilakukan agar performa mobilmu tetap baik:
Oli merupakan bahan penting dalam mesin mobil karena itu, penggantian oli, baik oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dan oli rem harus dilakukan secara berkala.Hal ini karena pada musim hujan, filter udara bisa cepat kotor sehingga kinerjanya tidak efisien. Mengecek dan membersihkan filter udara paling cocok dilakukan setiap mobil sudah mencapai 10.000 km.Selain itu, apakah terdapat putaran mesin yang tidak stabil dan bahkan mengkonsumsi bahan bakar yang boros. Hal tersebut bisa saja karena ada kerusakan dalam sistem injeksi.Apabila mesin mobilmu menunjukkan ciri, mengeluarkan asap putih dari knalpot, suhu mesin meningkat, air radiator berkurang atau berminyak, dan kepala busi yang basah, maka kamu perlu melakukan servis overhaul.
Jenis Servis | Penjelasan |
Ganti Oli | Kamu harus rajin mengganti oli mesin saat mobil sudah menempuh jarak 5000 km dan oli transmisi setiap mencapai jarak 10.000 – 20.000. |
Pengecekan Filter Udara | Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang dimanfaatkan oleh mesin mobil. Pada musim hujan, filter udara perlu dicek lebih sering. |
Cek Rem | Sebelum melakukan perjalanan, baik perjalanan jauh maupun perjalanan pendek yang melewati daerah yang curam.
Kamu harus melakukan pengecekan rem. Rem merupakan salah satu bagian mobil yang sangat penting. Karena itu, kamu harus melakukan pengecekan rem secara rutin, bahkan tanpa menunggu jadwal pengecekan berkala. Lakukanlah pengecekan rem sebelum berkendara. |
Cek Sistem Injeksi | Saat memanasi mobil di pagi hari, kamu bisa merasakan apakah ada kerusakan dalam sistem injeksi. Apakah mesin sudah hidup dengan baik dalam keadaan panas atau dingin. |
Overhaul | Overhaul adalah servis berupa proses turun mesin, membongkar mesin yang bermasalah agar bisa dilakukan perbaikan. Servis overhaul lebih dilakukan apabila mesin mengalami kerusakan yang cukup lama. |
Servis Tune up
Selain servis berkala, terdapat juga servis tune up yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan servis berkala. Akan tetapi tune up dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 120.00 km dan membutuhkan penyetelan ulang semua komponen yang ada pada mobil untuk menjaga performa mobil tetap baik.
Berikut komponen yang dilakukan saat melakukan servis tune up:
Jenis Servis | Penjelasan |
Pengecekan Accu/aki | Aki merupakan komponen pertama yang harus dicek apakah masih berfungsi atau tidak. |
Throttle Body dan Karburator | Komponen karburator perlu dibersihkan untuk penyetelan ulang putaran mesin. |
Celah Busi | Kamu harus tetap melakukan pengecekan celah busi meskipun celah busi sudah diatur dari pabrik.
Hal ini perlu dilakukan karena kemungkinan perubahan celah tetap ada terutama apabila penggunaan mobil yang intens dan interaksi tekanan kompresi yang membuat celah berubah. |
Celah Katup | Jika mobil sering digunakan, maka celah katupnya akan berubah dan memerlukan penyetelan agar performa mesin kembali membaik. |
Tegangan V Belt | V belt juga harus dilakukan pengecekan kondisi dan tegangannya. Jika terlalu kendor, V Belt harus segera disetel ulang. |
Harga Service Bengkel Mobil Resmi
NO | PEKERJAAN | GOL. I | GOL. II | GOL. III | GOL. IV/B UP |
GOL. V | |
1 | MAINTENANCE | ||||||
Service Kecil | 75.000 | 75.000 | 100.000 | 125.000 | 75.000 | ||
– | Ganti Oli Mesin | ||||||
– | Check Air Accu | ||||||
– | Check Minyak Rem | ||||||
– | Check Air Radiator | ||||||
Service Besar | 100.000 | 100.000 | 125.000 | 175.000 | 100.000 | ||
– | Ganti Oli Mesin | ||||||
– | Ganti Oli Filter | ||||||
– | Ganti Oli Tranmisi | ||||||
– | Ganti Oli Gardan | ||||||
– | Check Air Accu | ||||||
– | Check Minyak Rem | ||||||
– | Check Air Radiator | ||||||
RESET ENGINE / SCANNER | 275.000 | 275.000 | 287.500 | 316.250 | 275.000 | ||
Engine Tune Up | 245.000 | 350.000 | 350.000 | 385.000 | 280.000 | ||
Engine Analisa | 165.000 | 165.000 | 172.500 | 201.250 | 165.000 | ||
Checking 10.000 Km | 400.000 | 550.000 | 625.000 | 805.000 | 525.000 | ||
Checking 20.000 Km | 500.000 | 625.000 | 715.000 | 862.500 | 630.000 | ||
Checking 30.000/50.000 Km | 400.000 | 550.000 | 718.750 | 759.000 | 525.000 | ||
Checking 40.000 Km | 577.500 | 715.000 | 862.500 | 948.750 | 656.250 | ||
Checking 60.000/140.000 Km | 550.000 | 687.500 | 833.750 | 920.000 | 630.000 | ||
Checking 70.000/90.000 Km | 440.000 | 550.000 | 718.750 | 805.000 | 525.000 | ||
Checking 80.000/240.000 Km | 605.000 | 770.000 | 920.000 | 977.500 | 656.250 | ||
Checking 100.000/300.000 Km | 525.000 | 715.000 | 833.750 | 862.50 | 630.000 | ||
Ganti Oli A/T Flashing | 275.000 | 275.000 | 345.000 | 373.750 | – | ||
Ganti Seal Crank Shaft Front | 181.500 | 220.000 | 287.500 | 345.000 | 187.000 |
* DISCLAIMER ON
**Tarif sewa armada di atas hanya ilustrasi, sekedar merupakan indikasi/tidak update. Harga yang update dan berlaku silahkan di tanyakan langsung ke kami via whatsapp/telpon.
NO | PEKERJAAN | GOL. I | GOL. II | GOL. III | GOL. IV/B UP |
GOL. V |
Ganti Seal Crank Shaft Rear M/T | 440.000 | 522.500 | 600.875 | 718.750 | 522.500 | |
Ganti Seal Crank Shaft Reat A/T | 495.000 | 550.000 | 664.125 | 759.000 | – | |
Ganti Timing Belt | 275.000 | 302.500 | 373.750 | 460.000 | – | |
Ganti Timing Chain | 385.000 | 40.000 | 772.750 | 575.000 | 385.000 | |
Ganti Gasket Cover Valve | 88.000 | 110.000 | 115.000 | 143.750 | 110.000 | |
Ganti Engine Mounting 1 sisi | 132.000 | 110.000 | 115.000 | 143.750 | 110.000 | |
Ganti Transmisi Mounting 1 pc | 132.000 | 110.000 | 115.000 | 143.750 | 110.000 | |
Ganti All V. Belt | 110.000 | 110.000 | 143.750 | 172.500 | 110.000 | |
Ganti Oli Pan / Carter | 220.000 | 231.000 | 287.500 | 373.750 | 220.000 | |
Over Houl Engine | 3.850.000 | 4.125.000 | 5.175.000 | 5.750.000 | 4.125.000 | |
Over Houl Engine 1/2 (Atas) | 1.650.000 | 1.925.000 | 2.300.000 | 2.875.000 | 1.925.000 | |
2 | COOLING SISTEM / PENDINGINAN | |||||
Kuras Air Radiator | 82.500 | 110.000 | 115.000 | 115.000 | 110.000 | |
Ganti Radiator | 137.500 | 165.000 | 201.250 | 201.250 | 192.500 | |
Ganti Water Pump | 220.000 | 275.000 | 316.250 | 460.000 | 275.000 | |
Ganti Motor Fan Radiator | 165.000 | 165.000 | 189.750 | 230.000 | – | |
Ganti Motor Fan Condensor A/C | 165.000 | 165.000 | 189.750 | 230.000 | – | |
Ganti Slang Radiator Atas/Inlet | 82.500 | 82.500 | 86.250 | 86.250 | 82.500 | |
Ganti Slang Radiator Bawah/Outlet | 121.000 | 126.500 | 132.250 | 143.750 | 110.000 | |
Ganti Slang By Pass | 82.500 | 82.500 | 86.250 | 86.250 | 82.500 | |
Ganti Thermostatic Vale | 165.000 | 165.000 | 172.500 | 230.000 | 137.500 | |
Ganti Water Outlet/Inlet | 165.000 | 165.000 | 184.000 | 230.000 | 137.500 | |
Ganti Visco Fan | 165.000 | 165.000 | 184.000 | – | 137.500 | |
Tambah Silicon Oil | 192.500 | 192.500 | – | – | 192.500 | |
3 | KELISTRIKAN ENGINE | |||||
Ganti Battery / Accu | 82.500 | 82.500 | 86.250 | 86.250 | 82.500 | |
Ganti Alternator | 192.500 | 220.000 | 230.000 | 230.000 | 165.000 | |
Over Houl Alternator | 385.000 | 385.000 | 460.000 | 517.500 | 385.000 | |
Ganti Motor Starter | 192.500 | 220.000 | 287.500 | 287.500 | 192.500 | |
Over Houl Motor Starter | 385.000 | 302.500 | 316.250 | 316.250 | 275.000 | |
Ganti Distributor / Delco | 110.000 | 110.000 | 143.750 | 172.500 | – | |
Over Houl Distributor / Delco | 214.500 | 214.500 | – | – | – | |
Ganti Ignition Coil | 110.000 | 93.500 | 345.000 | 379.500 | – | |
Ganti Kabel Busi | 110.000 | 110.000 | 115.000 | 126.500 | – | |
Ganti Soal Distributor Dalam | 198.000 | 198.000 | – | – | – | |
Starter Sistem | 198.000 | 247.500 | 258.750 | 316.250 | 247.500 | |
Charging Sistem | 198.000 | 247.500 | 287.500 | 297.275 | 220.000 |
* DISCLAIMER ON
**Tarif sewa armada di atas hanya ilustrasi, sekedar merupakan indikasi/tidak update. Harga yang update dan berlaku silahkan di tanyakan langsung ke kami via whatsapp/telpon.
NO | PEKERJAAN | GOL. I | GOL. II | GOL. III | GOL. IV/B UP |
GOL. V |
4 | BRAKE SYSTEM (SISTEM REM) | |||||
Stel Bersihan Rem 4 Roda | 275.000 | 275.000 | 287.500 | 316.259 | 275.000 | |
Stel Bersihan Rem 2 Roda | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 172.500 | 165.000 | |
Ganti Brake Pad Depan | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 172.500 | 165.000 | |
Ganti Brake Pad Belakang | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 172.500 | – | |
Ganti Brake Sho’es | 137.500 | 165.000 | 172.500 | 207.000 | 198.000 | |
Ganti Disc Brake 1 Sisi | 137.500 | 165.000 | 172.500 | 172.500 | – | |
Over Houl Rem | 440.000 | 440.000 | 460.000 | 517.500 | 440.000 | |
Ganti Master Rem | 137.500 | 165.000 | 172.500 | 201.250 | 137.500 | |
Over Houl Master Rem | 192.500 | 192.500 | 201.250 | 230.000 | 192.500 | |
Ganti Booster Rem | 247.500 | 247.500 | 287.500 | 316.250 | 247.500 | |
Over Houl Rem Depan 1 Sisi | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 201.250 | 137.500 | |
Over Houl Rem Belakang 1 Sisi | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 201.250 | 137.500 | |
Ganti Kabel Parking Brake 1 Sisi | 203.500 | 203.500 | 230.000 | 258.750 | 203.500 | |
Ganti Motor Servo Brake | 220.000 | 220.000 | 253.000 | 287.500 | – | |
Ganti Master Pembagi Minyak Rem | 220.000 | 220.000 | 253.000 | 284.625 | – | |
Ganti Sensor ABS 1 Sisi | 110.000 | 110.000 | 115.000 | 115.000 | – | |
Ganti Flexible Hose Minyak Rem | 110.000 | 110.000 | 115.000 | 115.000 | 110.000 | |
5 | POWER TRAIN / PEMINDAH DAYA | |||||
Over Houl Clocth / Gt. Kopling | 495.000 | 550.000 | 759.000 | 885.500 | 605.000 | |
Ganti Master Kopling | 176.000 | 176.000 | 184.000 | 184.000 | 176.000 | |
Over Houl Master Clucth / Atas | 176.000 | 192.500 | 201.250 | 201.250 | 192.500 | |
Ganti Release Clucth / Bawah | 72.600 | 90.750 | 101.200 | 126.500 | 90.750 | |
Over Houl Transmisi Manual | 1.045.000 | 1.045.000 | 1.092.500 | 1.265.000 | 1.100.000 | |
Over Houl Transmisi Automatic | 1.650.000 | 1.925.000 | 2.300.000 | 2.875.000 | – | |
Ganti Seal Drive Shaft 1 Sisi | 192.500 | 220.000 | 230.000 | 258.750 | – | |
Ganti Booth Drive Shaft Luar 1 Sisi | 192.500 | 220.000 | 230.000 | 258.750 | – | |
Ganti Booth Drive Shaft Dalam 1 Sisi | 159.500 | 159.500 | 166.750 | 172.500 | – | |
Ganti Drive Shaft Assy 1 Sisi | 159.500 | 159.500 | 201.250 | 201.250 | – | |
Ganti Bearing Roda Depan 1 Sisi | 165.000 | 165.000 | 201.250 | 201.250 | 192.500 | |
Ganti Bearing Roda Depan 2 Sisi | 264.000 | 264.000 | 287.500 | 316.250 | 29.700 | |
Ganti Bearing Roda Belakang 1 Sisi | 154.000 | 154.000 | 184.000 | 201.250 | 181.500 | |
Ganti Bearing Roda Belakang 2 Sisi | 242.000 | 242.000 | 264.500 | 310.500 | 275.000 | |
Ganti Transmisi Mounting | 137.500 | 137.500 | 143.750 | 143.750 | 137.500 |
* DISCLAIMER ON
**Tarif sewa armada di atas hanya ilustrasi, sekedar merupakan indikasi/tidak update. Harga yang update dan berlaku silahkan di tanyakan langsung ke kami via whatsapp/telpon.
Promo Bengkel Mobil Resmi
Mekanik Berpengalaman Serta Komunikatif
Free Konsultasi Via Whatsapp
Alasan Servis Mobil Dilakukan Rutin
1. Kondisi Mobil Terjaga dan Umur Kendaraan Lebih Lama
2. Aman Berkendara
3. Nilai Jual Mobil Bisa Lebih Baik
Waktu Terbaik untuk Perawatan Mobil ke Bengkel Mobil Resmi
Perawatan mobil perlu dilakukan untuk menjaga performa mobil dan keamanan berkendara. Kita pasti bingung, kapan waktu yang tepat untuk servis ke bengkel mobil. Penghitungan perawatan mobil biasanya menggunakan bulan atau jarak yang ditempuh oleh mobil.
Pada umumnya, servis berkala perlu dilakukan saat mobil mencapai jarak 1.000km, 30.000 km, 50.000 km, dan 70.000 km untuk melakukan cek kondisi oli mesin, ban, dan mesin. Pada jarak 20.000 km, 60.000 km, dan 100.000 km juga dilakukan pemeriksaan sistem bahan bakar dan sistem kemudi.
Mobil yang menempuh jarak 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km akan dicek bagian busi, minyak rem, filter udara, dan kompresor. apabila sudah menempuh jarak 120.000 km, kamu bisa melakukan servis tune up.
Penghitungan waktu servis juga bisa dilakukan berdasarkan bulan. Karena jarak yang ditempuh mobil di perkotaan cenderung berbeda. Terlebih dalam kondisi macet, kilometer tidak berubah, tetapi mesin dan oli tetap hidup dan bekerja.
Karena itu, penghitungan waktu terbaik untuk melakukan perawatan rutin adalah berdasarkan waktu bukan jarak tempuh. Kamu bisa melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali.
Promo Bengkel Mobil Resmi
Mekanik Berpengalaman Serta Komunikatif
Free Konsultasi Via Whatsapp